fbpx

Mengenal Bisnis Musik di Era Digital

Saat ini kamu dapat dengan mudah menikmati musik di era-digital dengan sangat mudah. Kalian bisa mendengarkan musik anywhere, anytime dan free! Melalui Spotify.

Dengan spotify kamu dapat mendengarkan lagu maupun podcast. Seperti kami team ALFS Digital selalu mendengarkan top 40 setiap harinya walaupun harus ada selingan iklan setiap 5 lagu berputar.

Oh iya, tahukah kamu kalau sekarang ini semakin mudahnya mengakses konten audio/musik, tentu memberikan kemudahan untuk kamu yang mau memulai bisnis di industri musik. Seperti membangun sebuah band, mengisi soundtrack film dan sekarang yang sedang hits ialah menjadi DJ dengan fokus remix lagu.

Sekarang ini untuk membangun gurita bisnis di dunia permusikan, sepertinya patut mencontoh salah satu platform yang tak lain dan tak bukan yaitu Spotify

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Spotify (@spotify)

 

Seperti yang kita tahu bahwa spotify telah menjadi salah satu platform streaming terbesar yang memanfaatkan konten audio menjadi salah satu muatan dalam aplikasinya.

Dengan mempelajari behavior audience, spotify mampu memberikan solusi bagi mereka yang mau mendengarkan konten musik anywhere, anytime dan free! Melalui berbagai sortir seperti artist, genre, title and many more..

Kalau kita pernah melalui masa-masa dimana kita mendengarkan lagu harus mendownload terlebih dahulu melalui komputer dan pindahkan ke iPod ataupun mp3 player dengan memory card. Sekarang hanya dengan install aplikasi dan terhubung internet kamu sudah dapat mendengarkan jutaan lagu.

Namun apa benefitnya bagi Spotify ?

Tentunya Data-driven.

Menurut kami, Spotify telah melakukan sebuah pendataan database secara masif di industri musik dunia, tadinya untuk kita mengetahui lagu yang populer pastinya melalui MTV atau BILLBOARD. Namun sekarang Spotify mampu untuk memberikan data terakhir melalui Views/impression

Tidak hanya itu, spotify juga dapat mengetahui lagu yang populer atau paling sering di putar di seluruh dunia, walaupun hanya lingkup negara.

Sehingga kalian akan begitu cepat mengetahui lagu yang sekarang ini sedang trending ataupun populer.

Salah satu main business Spotify yaitu Saas, sistem subscription bagi kalian pendengar yang tidak mau mendengarkan atau melihat iklan saat lagu diputar.

Telah diketahui bahwa jumlah subcriber spotify menjangkau 2 ~ 3 juta subcriber di tahun 2020 dan pastinya meningkat apabila melihat 2 tahun terakhir penduduk dunia lebih banyak di rumah.

Bagi kami Spotify merupakan salah satu platform yang genius, karena telah berupaya untuk meningkatkan jumlah database lagu, fitur voice-recognition seperti soundhound / shazam dan juga memiliki fitur lirik untuk berkaraoke kalau kalau mau sing-along

Tidak ada habisnya untuk memuji spotify di artikel ini, namun perlu pelajari bahwa mereka hanya menerapkan formula yang berlaku untuk global dan mungkin saja indonesia dapat menerapkan formula tersebut.

Melalui berbagai penelitian, masyarakat indonesia menghabiskan waktunya untuk internetan lebih dari 8 jam 30 menit sehari dan pastinya selalu mengakses aplikasi entertainment untuk mendapatkan hiburan.

Dan lebih dari 40% mereka menggunakan internet untuk mendengarkan musik. Sudah dipastikan masyarakat indonesia gemar sekali untuk mendengarkan musik. Pertanyaannya? Musik jenis apa? KPOP atau dangdut?

Berbagi Artikel :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait :